Catheterisasi Laboratorium

62-21-31908393



 

Penyakit Jantung Koroner adalah suatu penyakit penyempitan pembuluh darah jantung (arteri Koroner) yang terjadi sebagai akibat dari penimbunan lemak, jaringan nekrosis dan kalsium. Pembuluh Darah Koroner membawa darah ke otot jantung. Bila pembuluh darah ini menyempit maka aliran darah ke otot jantung berkurang. Untuk memperbaiki aliran darah ke jaringan otot ,maka dapat di lakukan tindakan pelebaran pembuluh darah kororner (balon) atau Operasi By – pass.

Rumah Sakit PGI CIKINI bersama Tim Dokter Ahli Penyakit Jantung yang professional telah merancang suatu penanganan masalah penyakit Jantung Koroner dengan memberikan konsultasi rutin, Uji latih Jantung dengan treadmill, Evaluasi struktur dan fungsi jantung dengan Echocardiografi Doppler dan laboratorium Kateterisasi yang di sertai dengan ruang perawatan khusus untuk sebelum maupun sesudah Kateterisasi.

Saat ini RS PGI CIKINI telah memiliki alat Cath Lab, yang berfungsi untuk melihat gambaran pembuluh darah koroner secara menyeluruh dan untuk selanjutnya dilakukan tindakan intervensi jika terjadi penyempitan pada pembuluh darah itu. Keistimewaan alat ini memiliki resolusi yang tinggi, sehingga gambar yang dihasilkan cukup baik. Begitu juga rendahnya tingkat radiasi sinar X serta dapat digunakan untuk melakukan kateterisasi dengan berbagai posisi makin menambah daftar keistimewaan alat ini.

Sebelum dilakukan tindakan Kateterisasi Jantung , anda tentunya akan memperoleh penjelasan mengenai prosedur persiapan dan manfaat dari Kateterisasi oleh tim Ahli Penyakit Jantung Rumah Sakit PGI CIKINI dan anda dapat mengikuti proses selama pemeriksaan tersebut.

Siapa Saja Yang Perlu Menjalankan Kateterisasi Jantung

Pada pasien yang telah di duga positif mengidap penyakit Jantung Koroner, perlu di lakukan tindakan Kateterisasi jantung agar dapat secara tepat diketahui lokasi dan beratnya (persentase) suatu penyempitan pembuluh darah Jantung Koroner. Teknik ini sudah berkembang sejak tahun 1977 dan telah menjadi suatu prosedur standar dalam upaya tindak lanjut Penyakit Jantung Koroner.

Apakah Manfaat Tindakan Kateterisasi ?

Berdasarkan hasil Kateterisasi jantung, Tim Dokter Ahli Penyakit Jantung kami dapat menentukan dengan seksama tindakan selanjutnya yaitu upaya pelebaran pembuluh darah Jantung Koroner dengan tindakan Balonisasi(PTCA), Pemasangan ring (Stent),Pemasangan Alat Pacu Jantung atau Operasi By-pass Koroner (CABG).