Neurologi

62-21-3899-7732



Mendengar kata gangguan pada otak maupun gangguan pada tulang belakang (spine), menimbulkan ketakutan dan terbayang kematian ataupun kelumpuhan.

Gangguan pada otak dapat berupa pecahnya pembuluh darah otak, ataupun tersumbatnya pembuluh darah otak yang dapat menyebabkan kematian ataupun kelumpuhan , demikian juga gangguan pada kerangka tulang belakang dapat menimbulkan rasa sakit yang semakin lama semakin tidak tertahankan yang akhirnya hanya dapat diatasi dengan tindakan operasi.

Baik tindakan operasi pada otak maupun operasi pada tulang belakang (spine), sejauh ini dianggap beresiko sangat tinggi karena jika terjadi kekeliruan sedikit saja (terutama jika saraf terpotong oleh pisau bedah) dapat menimbulkan kelumpuhan pemanen baik sebagian badan ataupun seluruh badan, tergantung dari letak tindakan operasi yang dilakukan.

MRI dan MRA atau penggunaan Multi Slices CT Scan (MSCT), kita dapat dengan lebih akurat menentukan kelainan pembuluh darah atau tepatnya penyempitan sampai penyumbatan pembuluh darah otak maupun pembuluh darah dibagian leher yang menuju ke otak (pembuluh darah karotis) serta kelainan otak lainnya.Demikian juga diagnosa untuk menentukan adanya jepitan (tekanan) pada saraf utama di tulang belakang (spine) yang menimbulkan sakit dari yang enteng sampai yang tidak tertahankan, dengan penggunaan alat-alat diagnostik di atas dapat dianalisa oleh Dokter secara lebih akurat.

Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien-pasien yang menderita gangguan saraf, gangguan pendarahan di otak, gangguan penyempitan pembuluh darah otak, tumor otak, stroke, gangguan pada tulang belakang (spine), pada saat ini RS PGI CIKINI sedang merintis Pusat Pelayanan Terpadu untuk penanganan penyakit tersebut. Instalasi NEUROLOGI Prof. S.M.L. Tobing didirikan tahun 2007.

Untuk keperluan tersebut saat ini RS PGI CIKINI sudah memiliki fasilitas modern yang didukung oleh seperangkat peralatan kedokteran produksi terkini dengan teknologi terbaru meliputi :

  • Multi slice CT Scanning (MSCT), 64 slices.
  • Cavitron Ultrasonic Surgical Aspirator (CUSA).
  • Electro Encephatography (EEG)
  • EMG / Electro Myography

Gedung Unit Stroke

Bangsal rawat penyakit syaraf dengan UNIT STROKE modern bernuansa taman yang dilengkapi dengan CCTV 24 jam

CCTV 24 Jam

Pemeriksaan EMG